Cara Memasarkan Produk Di Facebook

Cara Memasarkan Produk Di Facebook – Halo nama saya Lintang dari lapakninja.com. Kali ini saya menjawab pertanyaan tentang berjualan di Facebook yang ditanyakan kepada saya di Quora. Bagi yang ingin melihat artikel selengkapnya dapat melihatnya di sini

Beberapa teman dan pelaku usaha kecil dan menengah yang saya bina selalu “opt out” terhadap saran saya untuk mulai berjualan di Facebook, mereka bilang menjual itu sulit. Padahal kita mungkin belum mengetahui bahwa potensi pasarnya jauh lebih luas dibandingkan Instagram, apalagi pasarnya.

Cara Memasarkan Produk Di Facebook

Cara Memasarkan Produk Di Facebook

Selama pandemi, Facebook mengalami peningkatan trafik yang luar biasa, bahkan 29 kali lipat trafik marketplace. Bagaimana tidak menarik untuk dicoba? Namun perlu dipahami bahwa, tidak seperti pasar, karakteristik pengunjung jejaring sosial agak berbeda

Panduan Cara Menjual Dan Memasarkan Produk Di Facebook

Jawaban Lintang Kresnadi Saat Saya Membuat Konten di Instagram. Adakah tips dan trik untuk mengembangkan akun ini?

Ada 4 metrik utama: konsistensi, relevansi, retensi, dan interaksi. Apapun media sosialnya, jika kita ingin optimal, empat syarat ini harus kita penuhi. Posting secara konsisten setiap hari, buat konten yang relevan dengan target pasar, jaga perhatian konsumen selama mungkin, dan ciptakan engagement.

Pertama, tentukan apakah produk Anda merupakan produk yang mudah dibeli (harga murah, produk mudah dipahami) atau produk yang biasanya memerlukan pelatihan (harga lebih tinggi, produk tidak umum). Jika produk Anda yang pertama, jangan lanjutkan ke langkah 1 dan 2, cukup lanjutkan ke langkah 3-5.

Namun jika ternyata produk Anda mahal dan memerlukan pelatihan, maka kita perlu menyelidiki halaman penggemarnya terlebih dahulu. Misalnya, jika barang yang saya jual adalah barang antik, maka saya riset terlebih dahulu halaman penggemar pesaing di Audience Insight

Cara Membuat Iklan Di Facebook Lewat Hp Android Dan Optimasinya

Di sebelah kiri “buat audiens” saya masukkan dulu demografi yang ingin kita targetkan. Misalnya, untuk barang “antik”, saya mencari demografi Indonesia, minat terhadap “barang antik”, “vintage”, “klasik”, dll.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok demografi ini didominasi oleh perempuan dengan gelar sarjana dan jabatan administratif atau bisnis. Disebutkan juga bahwa terdapat 15 juta pengguna Facebook yang memiliki karakteristik tersebut.

Para pengguna Facebook ini sepertinya menyukai fanpage seperti di atas, biasanya fanpage luar negeri yang fotonya berkualitas tinggi dan berbahasa Inggris.

Cara Memasarkan Produk Di Facebook

Dari riset di fanpage ini, kita mengetahui bahwa demografi yang saya sasar menyukai barang-barang antik berupa fashion vintage dan interior vintage. Mereka biasanya mempunyai pekerjaan “uang” dan memprioritaskan kelas. Jadi, sebagai pedagang barang antik, saya perlu menyesuaikan halaman penggemar saya untuk memenuhi kebutuhan pasar. Salah satunya dengan membuat konten berbahasa Inggris dan memanfaatkan foto profesional untuk inspirasi interior. Memang mahal, tapi di sisi lain saya bisa menjual produk ini dengan harga yang cukup tinggi, karena ada pasarnya.

Kembangkan Bisnis Lewat Cpas Facebook

Setelah selesai riset kita sudah mengetahui seperti apa gambar fanpage yang akan kita buat, jadi kita sesuaikan saja. Saya tidak bisa membahas banyak pada poin #2 karena sangat teknis dan sangat mudah untuk dipelajari sendiri. Perlu diingat, jangan ragu untuk menggunakan kata kunci mulai dari nama toko, deskripsi, hingga akun toko. Misalnya, dari pada nama “Toko Lintang”, lebih baik kita beri nama “Toko Lintang – Barang Antik Klasik”. Sesuaikan juga gambar profil Anda agar sesuai dengan nama kami. pastikan logonya juga sesuai dengan kata kunci.

Cari saja di kotak pencarian grup yang sesuai dengan produk yang ingin dijual, misal saya jual barang antik, lalu saya cari grup yang fokus membahas barang antik.

Nah sepertinya disini banyak sekali grup-grup yang membahas tentang barang antik, pastikan kita mewaspadai grup-grup yang masih aktif dengan jumlah postingan per hari yang tertulis di bawah deskripsi grup. Ikuti setidaknya 20 grup. Hal ini penting karena akan sangat membantu kita pada langkah selanjutnya.

Setelah membuat konten di fanpage pribadi Anda, jangan lupa untuk membagikannya. kenapa karena fanpage tanpa bantuan aksi grup tidak akan terlihat luas

10+ Cara Menawarkan Produk Lewat Wa Untuk Promosi Bisnis And

Kalau kita hanya posting di fanspage kita sendiri, kita seperti berjualan di depan rumah, yang hanya diketahui oleh tetangga kita yaitu follower kita. Namun setelah tersebar, kita bisa dilihat oleh pengguna aktif grup tersebut.

Semua interaksi akan terjadi di grup tempat postingan dibagikan, jadi penting untuk memeriksa notifikasi dengan cermat untuk melihat pertanyaan atau petunjuk.

Bagi yang tidak menggunakan fan page (kategori produk #1), konten produk yang dijual cukup diunggah ke Facebook Marketplace lalu dibagikan ke grup

Cara Memasarkan Produk Di Facebook

Halaman ini hanya muncul ketika kita sudah mengupload produk kita. Halaman ini juga tidak akan ditampilkan jika sebelumnya kita belum berlangganan grup tersebut. Jadi penting untuk mengawasi grup sejak dini. Masuk saja ke semua grup yang sesuai dengan produk yang kita jual, bisa juga ke grup lain, namun ada kemungkinan akan dikeluarkan oleh admin grup.

8 Cara Memasarkan Produk Melalui Whatsapp, Laris Manis!

Jika 4 hal diatas sudah kita lakukan maka kita bisa percaya diri dalam beriklan. Sebenarnya periklanan ini tidak perlu, jika kita baru belajar, gunakan cara organik saja (4 langkah diatas), ketika respon pasar bagus dan kita ingin mendapatkan penjualan yang lebih banyak, barulah kita bisa mencoba periklanan. Ngomong-ngomong soal periklanan, kamu bisa menghabiskan waktu seharian sendirian, haha. Ini adalah hasil iklan saya dengan budget yang cukup terjangkau

Mengapa murah? saat saya meneliti secara menyeluruh produk yang ingin saya jual, saya dengan sabar menjalani langkah-langkahnya.

Mengumpulkan lebih dari 5000+ data tentang produk yang laku di pasaran dan berpotensi untuk dijual secara online melalui media sosial atau dijual kembali melalui pasar. Segala sesuatu mulai dari fashion hingga alat tulis tersedia, beserta data penjualan bulanan dan kota asal. Jadi penelitian itu mudah

Jika kita ingin sukses berjualan di Facebook, kita harus rela sedikit mengubah strategi penjualan yang biasa kita terapkan dalam pemasaran karena demografinya berbeda. Keuntungannya, pengguna media sosial cenderung lebih “setia” dan tidak mudah keluar karena perbedaan harga. Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling populer digunakan sebagai tempat jual beli online. Banyaknya pengguna Facebook dan data yang dimiliki Facebook membuat Anda perlu memahami cara efektif menjual produk di FB.

Facebook Ads Manager Adalah

Strategi pemasaran Facebook pada dasarnya sama dengan strategi pemasaran lainnya. Jika Anda sudah paham cara berjualan baju online, Anda tinggal mempelajari cara posting penjualan di Facebook dan cara membuat iklan Facebook gratis.

Dengan memahami cara berjualan di Facebook yang baik dan benar, Anda bisa memanfaatkan iklan produk Facebook sebagai salah satu cara mempelajari cara berpromosi di Facebook secara gratis.

Berjualan di Facebook adalah salah satu metode yang paling umum digunakan oleh para pebisnis di Internet. Pasalnya Facebook memiliki banyak sekali pengguna, dan setiap pengguna tersebut bisa menjadi peluang untuk membeli produk yang Anda jual di Facebook.

Cara Memasarkan Produk Di Facebook

Cara termudah untuk mendapatkan lead dari Facebook adalah dengan membuat iklan berbayar di Facebook. Namun bagi Anda yang ingin berjualan di Facebook, tidak perlu langsung memulai dengan metode iklan berbayar.

11 Cara Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri

Itu karena Facebook, meski tanpa iklan berbayar, masih memiliki banyak pengguna. Anda hanya perlu memahami cara beriklan tanpa membayar.

Di antara berbagai jejaring sosial yang umum digunakan masyarakat Indonesia, Facebook merupakan jejaring sosial teraktif yang selalu berubah seiring berjalannya waktu. Jika Anda melihat feed Anda sendiri, Anda akan melihat bahwa Facebook selalu berkembang setiap beberapa periode.

Tidak hanya Facebook yang melakukan update, penggunanya juga cenderung sangat aktif. Pada dasarnya, hanya beberapa menit ketika Anda meninggalkan Facebook, tampilan dan nuansa halaman beranda Anda pasti akan berubah berulang kali. Oleh karena itu, agar postingan Anda tidak tenggelam di postingan orang lain, sebaiknya Anda lebih aktif di Facebook.

Tentu saja Anda bisa berjualan di Facebook tanpa iklan, namun iklan adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Iklan Facebook tidak harus langsung mengeluarkan modal banyak, Anda bisa beriklan di Facebook hanya dengan 15.000 per hari.

Naikkan Sale Di Facebook Dengan 5 Strategi Ini

Sebelum menjalankan iklan Facebook, penting untuk melakukan beberapa perencanaan strategis terlebih dahulu. Identifikasi target pasar Anda Pelajari target pasar Anda sehingga Anda dapat menentukan perilaku Facebook seperti apa yang Anda ingin iklan produk Anda tampilkan. Oleh karena itu, iklan Anda hanya akan ditampilkan kepada orang yang tepat.

Meskipun Anda dapat membeli dan menjual di Facebook, Anda harus memahami bahwa Facebook pada dasarnya adalah jejaring sosial. Anda harus berinteraksi dengan audiens Anda, seperti menjawab pertanyaan, berkomentar, dan memberi suka atau emotikon lainnya. Dengan cara ini Anda dapat menciptakan chemistry yang lebih dekat dengan audiens Anda.

Buat halaman Facebook, meskipun sederhana. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan pengguna Facebook lain yang tertarik dengan produk yang sama yang Anda jual. Pada dasarnya, sebagai jejaring sosial, pengguna Facebook suka bertemu orang-orang yang memiliki minat yang sama.

Cara Memasarkan Produk Di Facebook

Agar tetap aktif dan selalu mengetahui istilah dan berita terkini, Anda dapat menggunakan program seperti NetworkedBlogs atau RSS Graffiti untuk mengimpor postingan blog dari blog milik Anda langsung ke halaman Facebook Anda dan postingan tersebut akan langsung muncul saat muncul di blog Anda.

10 Cara Promosi Di Fb Yang Buat Penjualan Anda Melonjak

Perhatikan dan pantau aktivitas di halaman bisnis Anda, setidaknya melalui notifikasi email. Hal ini bertujuan agar Anda dapat merespon komentar atau feedback pengunjung dan memberikan kesan respon yang cepat. Anda juga dapat menghapus spam yang diposting oleh pengguna Facebook lainnya.

Tentunya, Anda masih dapat memposting topik di luar bisnis Anda. Namun jangan melakukannya terlalu sering. Misalnya, jika Anda menjual pakaian, Anda sering kali dapat memposting tentang pakaian, bukan hanya menjualnya saja. Misalnya saja Anda bisa membuat postingan tentang cara memilih pakaian yang nyaman untuk anak kecil.

Jika Anda ingin menyampaikan pendapat di luar topik bisnis Anda, Anda hanya bisa melakukannya sesekali saja. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengguna Facebook cenderung lebih memilih pengguna lain yang memiliki minat serupa.

Jika pengunjung ini

Media Pemasaran Online Yang Wajib Diketahui Pebisnis!

Artikel Terkait

Leave a Comment