Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal – Keterampilan interpersonal atau interpersonal skill merupakan salah satu soft skill yang paling dibutuhkan saat ini. Dimana, interpersonal skill merupakan keterampilan yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari maupun dalam dunia kerja nantinya.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan keterampilan interpersonal? Berikut pengertian, manfaat dan cara meningkatkan interpersonal skill.

Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah interpersonal skill. Dimana hal ini berkaitan dengan kesuksesan setiap orang yang biasanya mempunyai skill tersebut. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan keterampilan interpersonal ini?

Sebentar Lagi Akan Ada Seminar Wajib Tentang Communication Skill With Nlp

Berdasarkan pengertiannya, keterampilan interpersonal dibedakan menjadi dua kata, yaitu interpersonal dan juga. Kata interpersonal juga dapat dibedakan menjadi dua kata interpersonal dan personal.

Berdasarkan pengertiannya dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Inter mempunyai arti antara dua atau antara yang artinya antara dua benda, baik itu benda hidup maupun benda mati, dan biasanya lebih mirip interaksi. itu terjadi di antara keduanya. Kata Persona berarti pribadi atau individu.

Dari arti setiap kata dapat kita simpulkan bahwa interpersonal skill adalah kemampuan setiap orang dalam berinteraksi dengan orang lain.

Menurut Investopedia, keterampilan interpersonal mengacu pada kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Khususnya dalam dunia bisnis, istilah ini sering dikaitkan dengan keterampilan yang dimiliki karyawan dalam menjalankan tugas atau tanggung jawab yang diberikan. Keterampilan interpersonal sendiri mencakup banyak hal seperti kemampuan komunikasi yang baik, menjadi pendengar yang baik dan memperlakukan orang lain dengan baik.

15 Keterampilan Interpersonal Untuk Resume Yang Harus Anda Miliki Di Tahun 2024

Menurut Marvin Dunnett, keterampilan adalah pemikiran dan keterampilan yang dimiliki seseorang yang dimiliki orang lain, yang merupakan suatu bentuk proses perolehan pengetahuan yang diperoleh melalui proses latihan dan berbagai pengalaman. Dunnett juga mendefinisikan keterampilan sebagai kapasitas yang dibutuhkan setiap orang untuk melaksanakan tugas atau tanggung jawab yang diberikan kepadanya guna mengembangkan diri dan kemampuannya.

Nadler berpendapat bahwa keterampilan merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan potensi dan digunakan sebagai bentuk proses perolehan diri. Proses ini sendiri dapat dilakukan melalui berbagai metode dan bentuk kegiatan.

Yang pertama adalah CO, atau kecemasan terhadap kemampuan untuk memesan, dimana seseorang yang termasuk dalam kategori ini adalah seseorang yang mempunyai motivasi untuk mengurangi atau meminimalisir ketidakpastian yang dihadapinya. Biasanya berkaitan dengan masalah pekerjaan, informasi, data dan instruksi, terlebih lagi orang-orang dalam kelompok ini sangat memikirkan segala hal.

Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Kedua, yaitu INT atau Initiative, orang-orang yang termasuk dalam kelompok ini adalah orang-orang yang cenderung membedakan dirinya dari kebutuhan dan tuntutan pekerjaan yang ada untuk melakukan sesuatu.

Komunikasi Interpersonal Dan Persuasif

Ketiga, yaitu IMP atau Impact and Influence, orang-orang yang termasuk dalam kelompok ini lebih mementingkan tindakan yang mereka lakukan untuk menarik, membujuk, dan mempengaruhi orang lain untuk mencapai dan mendukung tujuan yang ingin mereka berikan

Keempat, pencarian informasi atau keterampilan informasi, orang-orang yang termasuk dalam kelompok ini biasanya melihat nilai dari upaya ekstra yang dikeluarkan untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya.

Yang pertama adalah keterampilan literasi dasar, yaitu kemampuan yang menonjolkan landasan yang sudah dimiliki setiap orang. Keterampilan dasar tersebut dapat mencakup kemampuan seseorang dalam mendengarkan, menghitung, menulis dan membaca.

Kedua, keterampilan teknis, yaitu kemampuan yang menunjang proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai minat dan bidang studi. Beberapa contoh bidangnya meliputi keterampilan komputer, perakitan alat, dan banyak lagi.

Pelatihan Interpersonal And Communication Skills

Ketiga, keterampilan interpersonal, yaitu keterampilan yang menitikberatkan pada berbagai kemampuan dasar yang dimiliki setiap orang dalam melakukan proses komunikasi. Hubungan komunikasi yang terjadi bisa antar individu, antara individu dengan kelompok atau organisasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbagai keterampilan dapat dimasukkan dalam keterampilan interpersonal, salah satunya adalah kemampuan mengungkapkan pendapat dengan cara yang mudah dipahami oleh pendengar.

Yang keempat adalah problem solver, yaitu suatu keterampilan yang harus digunakan seseorang untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam kehidupan sehari-hari. Pada umumnya seseorang yang mempunyai keterampilan ini mempunyai kemampuan logika dan intelektual yang baik.

Bierman dan Sushi menyatakan bahwa keterampilan interpersonal merupakan salah satu faktor terpenting keberhasilan seseorang dalam menelaah kehidupannya.

Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Handfield (2006) mendefinisikan keterampilan interpersonal sebagai kemampuan seseorang untuk mengelola dirinya secara efektif dalam bekerja dengan orang lain dan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan secara bersama-sama.

Pentingnya Interpersonal Skills Dalam Organisasi

Menurut Bohrmester dkk (1988), keterampilan interpersonal diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki setiap orang dan digunakan untuk menciptakan hubungan interpersonal dengan orang lain.

McGaha dan Fitzpatrick (2005) mendefinisikan keterampilan interpersonal sebagai perilaku yang tepat dalam membangun hubungan seperti kontak, dukungan emosional, keterbukaan satu sama lain, dan metode penyelesaian konflik yang tepat.

Selain itu, menurut Spitzberg dan Kopach, keterampilan interpersonal diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan baik dan efektif.

Sedangkan menurut Gerving, keterampilan interpersonal adalah kemampuan menciptakan dan memelihara hubungan yang ada secara efektif.

Pelatihan Sekretaris Perusahaan: Cara Meningkatkan Keterampilan Dan Efisiensi Kerja

Berdasarkan berbagai pengertian dan definisi tentang keterampilan interpersonal, kita dapat menyimpulkan bahwa keterampilan interpersonal adalah kemampuan yang digunakan untuk menjalin komunikasi, interaksi dan memelihara hubungan yang ada dengan orang-orang dalam segala situasi dan situasi.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan memiliki kemampuan interpersonal dalam dunia kerja, Anda akan mampu membangun hubungan dan bekerja dengan orang lain, baik itu rekan kerja, klien atau atasan di perusahaan Anda.

Selain itu, keterampilan interpersonal juga dapat digunakan untuk menjaga hubungan baik antara Anda dan orang-orang di sekitar Anda, seperti teman, keluarga, dan orang tua. Dengan kemampuan ini, Anda dapat berkomunikasi dengan baik satu sama lain dan memahami perasaan serta ide yang mereka ungkapkan.

Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Keterampilan interpersonal ini dapat kita gunakan dalam berbagai bentuk seperti taktik, tindakan dan diplomasi yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Keterampilan interpersonal kita membuat kita merasa toleran, berempati terhadap orang lain dan menghormati setiap orang.

Peningkatan Kompetensi Komunikasi Antar Pribadi Pada Tenaga Kesehatan Untuk Menjamin Pelayanan Yang Berpusat Kepada Pasien (patient-centered Care)

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari interpersonal skill atau non-personal skill yang Anda miliki, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan dan meningkatkan skill Anda atau mempelajari interpersonal skill yang kurang Anda miliki. Lihat informasinya di bawah ini.

Cara pertama yang dapat digunakan untuk meningkatkan interpersonal skill adalah dengan mencari cara untuk meningkatkan rasa percaya diri, karena rasa percaya diri sangat berguna dalam menyelesaikan suatu tugas atau tanggung jawab yang diberikan kepada Anda.

Misalnya, dengan percaya diri Anda dapat bernegosiasi dengan lebih mudah, menyelesaikan masalah saat ini, mengungkapkan pendapat atau masukan Anda, memercayai orang lain, dan menggunakan keterampilan interpersonal lainnya untuk mendapatkan kepercayaan diri dengan lebih mudah.

Kamu bisa memulainya dari hal yang kecil, seperti mulai tersenyum pada setiap orang yang kamu lihat, kemudian ketika kamu sudah merasa nyaman dan terbiasa, kamu bisa meningkatkannya dengan menyapa orang lain dengan lebih ramah dan bersahabat.

Bagaimana Meningkatkan Keterampilan Anda Di Tempat Kerja

Setelah Anda merasa nyaman berteman dengan orang lain, Anda dapat mulai berbicara dengan mereka, mendengarkan dan memahami mereka, sehingga Anda dapat merespons mereka dengan percaya diri.

Cara kedua yang bisa digunakan untuk meningkatkan interpersonal skill adalah dengan meminta saran atau kritik dari orang sekitar. Dalam hal ini interpersonal skill bukan hanya tentang diri kita saja, namun bagaimana kita bisa membangun dan mengembangkan hubungan yang kita jalin dengan orang lain.

Demikian pula, Anda bisa meminta saran atau kritik dari teman Anda tentang hubungannya, apakah Anda mendengarkan apa yang dikatakan teman Anda, memahami perasaannya, dan banyak lagi. Dengan menerima saran dan kritik, Anda dapat memperbaiki dan memperbaiki kesalahan yang tidak Anda ketahui.

Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Cara ketiga yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal adalah dengan bertanya dan mendengarkan orang yang lebih berpengalaman. Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat Anda berbicara dengan atasan Anda di dunia kerja, perhatikan cara mereka menjawab pertanyaan Anda, seperti nada bicara, kosakata yang mereka gunakan, dan masih banyak lagi.

Training Communication & Interpersonal Skills

Mengenai orang yang memiliki kredibilitas tinggi, Anda bisa belajar banyak selain mengajukan pertanyaan kepada orang tersebut, Anda juga harus memperhatikan jawaban yang mereka berikan sebagai tanda penghormatan terhadap orang tersebut. Kemudian terapkan pada diri Anda sendiri dan lama kelamaan Anda akan terbiasa dan meningkatkan keterampilan interpersonal Anda.

Cara keempat yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal adalah dengan memposisikan diri berdasarkan suasana hati dan emosi orang lain. Saat kita berinteraksi dengan orang lain, pikirkan dulu respon yang tepat dengan membayangkan bagaimana orang tersebut dalam situasi tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa memahami perasaannya saat itu, apa yang membuatnya frustrasi atau marah, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, dan banyak lagi.

Misalnya, sebagai pelatih olahraga internasional, Anda harus melatih atlet yang berbeda dari satu generasi ke generasi lainnya. Setiap atlet mempunyai kepribadian yang berbeda-beda dan cara berlatihnya juga berbeda-beda. Oleh karena itu, sebagai pelatih yang baik, kita harus mampu menyesuaikan latihan yang ada dengan memahami kebutuhan dan keinginan setiap atlet untuk mencapai hasil terbaik.

6 Cara Meningkatkan “interpersonal Skills”

Seperti kita ketahui, keterampilan interpersonal adalah bagian darinya

Artikel Terkait

Leave a Comment