Makalah Pemasaran Melalui Media Sosial
Makalah Pemasaran Melalui Media Sosial – Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inyahnya, serta membimbingnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah penelitian yang berjudul “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial”. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada pemimpin umat manusia, Rasulullah Muhammad SAW, keluarga dan para sahabat serta seluruh umatnya di hari akhir nanti. Makalah ini telah kami persiapkan dengan sebaik-baiknya, terutama dengan bantuan banyak pihak untuk mempercepat pembuatan makalah ini. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Namun tidak lepas dari hal tersebut, kami menyadari betul bahwa bahasa tersebut memiliki kekurangan baik dari segi struktur maupun aspek lainnya. Oleh karena itu, saran dan kritik dari para pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Penulis berharap hikmah dan manfaat dari tulisan ini dapat dipetik untuk menginspirasi pembaca.
Makalah Pemasaran Melalui Media Sosial
A. Pengertian Strategi Pemasaran Strategi pemasaran adalah strategi yang dirancang untuk mempromosikan suatu produk atau jasa guna memperoleh keuntungan. Strategi pemasaran dapat dilihat sebagai salah satu landasan yang digunakan untuk menyusun rencana perusahaan secara keseluruhan. Strategi pemasaran yang baik membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan idealnya. Ini membantu mereka memahami kebutuhan pelanggan mereka. Dengan strategi yang baik maka dimungkinkan untuk menerapkan metode pemasaran yang paling efektif 1. Pemilihan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan akan memberikan banyak keuntungan seperti:
Pemasaran Usaha Kecil Melalui Pemasaran Internet Lokal
Dengan menentukan besarnya permasalahan yang ada pada suatu perusahaan maka diperlukan suatu perencanaan yang menyeluruh bagi bagian-bagian perusahaan dalam mengelola pekerjaannya yang menunjukkan pentingnya strategi pemasaran dalam persaingan yang semakin ketat. Di perusahaan publik. Jadi pemasaran dilakukan sebelum dan sesudah proses penukaran untuk menciptakan kepuasan bagi pembeli dan penjual.
1 warta Ekonomi.co/read340149/apa-itu-strategi-pengasaran diakses pada 7 Oktober 2021 pukul 10 WIB. 2 H. Winarto dan Chandra, “Strategi Pemasaran,” Mayjen. Elam. Ekon., jilid. 14, tidak. 1, 2002, hal. 124-128.
Media sosial adalah media online yang memungkinkan penggunanya dengan mudah mengakses, berbagi, dan membuat konten termasuk blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Sementara itu, Boyd menjelaskan: Media sosial adalah kumpulan perangkat lunak yang memungkinkan individu dan komunitas berkumpul, berbagi, berkomunikasi, dan terkadang berkolaborasi dan bermain. Media sosial adalah domain konten buatan pengguna (UGC) di mana konten dibuat oleh pengguna, bukan editor seperti organisasi media. (Nasrullah, 2017:11)
Keberadaan media sosial telah mempengaruhi kehidupan sosial di masyarakat. Perubahan hubungan sosial atau keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial dan segala macam perubahan pranata sosial dalam masyarakat, mempengaruhi sistem sosial, termasuk nilai, sikap, dan pola perilaku antar kelompok dalam masyarakat.
Cara Membuat Makalah: Panduan Lengkap Untuk Penulisan Yang Baik Dan Benar
Dalam mengembangkan strategi pemasaran, komunikasi merupakan langkah terpenting. Dalam informasi kontak, disebut juga pesan, pelanggan harus memperhatikan hal-hal berikut:
Menurut Machfoedz (2010), bagian terpenting dari strategi pesan pemasaran adalah menentukan cara terbaik untuk mengkomunikasikan pesan utama kepada pelanggan/pelanggan. Beberapa prinsip yang perlu dipertimbangkan saat membuat template pesan meliputi hal berikut:
Pada dasarnya, orang menggunakan Instagram untuk berbagi dan berbagi foto dan video satu sama lain. Kebijakan ini berbeda dengan aplikasi media sosial lainnya yang fokus pada penggunaan kata-kata atau hak untuk berbagi kepada masyarakat.
Banyaknya follower berarti kamu mempunyai banyak teman di akun kamu. Kamu bisa berinteraksi dengan cara menyukai atau mengomentari postingan teman kamu. Bisa juga melalui pesan atau direct message (DM) dan yang paling populer saat ini adalah InstaStory yang merupakan fungsi berbagi video secara langsung atau pribadi.
Pemasaran Online Melalui Facebook Sebagai Jejaring Sosial
Promosi penjualan merupakan suatu proses komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan untuk mempengaruhi pelanggan agar membeli berdasarkan kebutuhan dan keinginannya. Bagian pemasaran atau penjualan suatu perusahaan membuat promosi untuk mempromosikan produknya sehingga dapat mempengaruhi pelanggan untuk membelinya. Untuk harga sampai dengan tujuh puluh atau saat Tahun Baru, pedagang akan mengirimkan hadiah langsung kepada pelanggan berupa produk lain, dll.
Instagram merupakan media sosial yang menawarkan banyak peluang bisnis kepada penggunanya. Instagram dapat digunakan untuk beriklan
Melalui konten pemasaran, foto produk pelanggan, dan banyak pengikut Instagram. Selain itu, calon pembeli juga mudah menentukan dengan tepat jenis produk apa yang mereka inginkan. Media sosial Instagram menunjukkan para pemilik toko online yang memanfaatkan teknologi ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan dan berarti fitur-fitur yang tersedia dari Instagram akan meningkatkan promosi toko online. Untuk berpromosi di platform Instagram, pengusaha harus mempunyai strategi untuk menjangkau pesan yang dikirimkan melalui gambar kepada target pasar toko online, salah satunya melalui iklan.
Purbandoko, Sigit. 2021. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Konversi Penjualan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 17 Agustus 1945 Universitas Surabaya. kertas